Kamis, 11 Juni 2009

ketoprak DUTO NEGORO

hari sabtu pada nonton ketoprak di Auditorium UNY ga??? wah rugi lho kalo ga nonton!! ha ha ha karena aku lagi baik hati neh tak kasih hasil reviewku.
baca yah ceritanya
Raja penembahan Mataram mempunyai dua putra yaitu mas Jolang dan mas Rangsang. Salah satunya akan diangkat menjadi raja. Pada suatu ketika Raja panembahan memberi mandat bahwa mas Jolang diangkat menjadi raja dan akan dilantik. Saat pelantikan berlangsung Raja panembahan mengundang seluruh orang dikerajaan dan seluruh adipati dari berbagai daerah, akan tetapi ada satu adipati dari daerah Blambangan yang tidak datang. Timbul berbagai pertanyaan dalam benak raja baru alias mas Jolang. Kemudian Mas Jolang memerintahkan mas Rangsang untuk menyelidiki ketidakhadiran adipati Blambangan. Mas Rangsang pergi ke daerah Blambangan hanya dengan berjalan kaki dan tanpa pengawal satupun. Tampaknya ada suatu niatan busuk dari mas jolang yaitu Mas Jolang ingin menghabisi mas Rangsang, supaya tidak diketahui orang maka Mas rangsang tidak diperbolehkan dikawal. Di tengah hutan saat mas rangsang hendak menuju daerah blambangan tiba-tiba dicegat oleh pembunuh bayaran. Berulang kali pembunuh bayaran berusaha menghabisi mas rangsang tapi tetap gagal, justru Mas rangsang bisa mengalahkan kedua pembunuh bayaran tersebut.

Sebelum sampai di daerah Blambangan Mas rangsang mampir ke sebuah padepokan. Di padepokan mas Rangsang meminta nasihat kepada tetua padepokan tersebut. Setelah diberi nasihat mas Rangsang semangat melaksanakan tugas dari raja baru yaitu mas Jolang. Menuju ke daerah Balmbangan Mas jolang diberi sebuah kendaraan kuda oleh tetua padepokan.

Setelah tiba di Blambangan mas Rangsang dijamu dengan tidak baik. Adipati tidak senang akan kedatangan mas rangsang. Karena Mataram memperoleh kejayaannya dengan jalan peperangan.oleh karena itu para adipati yang merasa dirinya kuat, ingin berdiri sendiri sebagai raja merdeka, lepas dari Mataram. Dengan demikian maka kadipaten seperti itu merupakan pesaing bagi Mataram. Lebih bahayanya lagi kalau kadipaten itu tidak hanya melepaskan diri dari mataram, akan tetapi malah balik memerangi mataram, seperti pada adipati Blambangan. Dari situ timbulah perperangan. untungnya mas Rangsang mampu memenangkan peperangan tersebut.

Setelah lelah berperang dan memenangkannya, mas Rangsang pergi menemui pujaan hatinya. Mendengar kabar mas Rangsang gagal dibunuh, memenangkan peperangan dan sekarang menemui kekasihnya membuat hati mas Jolang Murka. Usahanya selama untuk menyingkirkan mas Rangsang sia-sia. Karena mas Jolang tidak berhasil menghabisi nyawa mas Rangsang, maka mas Jolang ngengambil jalan lain yaitu ingin menghancurkan hati mas Rangsang dengan cara memperistri pujaan hati mas Rangsang. Kemudian mas Jolang melamar pujaan hati mas Rangsang. Mendengar pujaan hatinya akan menikah dengan pria lain hati mas Rangsang hancur berkeping-keping. Tetapi Mas Rangsang mengiklaskan kekasih hati diperistri mas Jolang. Lalu mas Rangsang mencari ketenangan di pantai selatan. Di situ mas Rangsang bertemu dengan Nyai Roro Kidul. Nyai Roro kidul menasihati mas Rangsang dengan sangat bijak sehingga mas rangasang bangkit kembali dan semangat untuk berbuat baik.

Di lain pihak kekasih mas Rangsang ternyata sangat berat menerima lamaran dari mas Jolang. Dia meminta satu syarat yang sangat susah pada mas jolang yaitu menangkap harimau di hutan. Harimau tersebut terkenal sangat buas san sulit ditahlukkan. Dengat tekat yang bulat Mas jolangpun pergi ke hutan untuk mengangkap harimau. Di tengah hutan mas Jolang bertemu dengan harimau yang dimaksudkan. Setelah itu mas Jolang bertarung untuk mengalahkan harimau. Pertarungan tersebut sangat sengit. Mas Jolang hamper saja terbunuh, Untung saja ada mas Rangsang yang kebetulan lewat dari pertapaannya langsung menolong mas Jolang. Mas \rangsang menolong dengan ikhlas bahkan tidak menaruh dendam pada mas Jolang. Dari situlah akhirnya mas Jolang sadar selama ini dia sudah berbuat jahat tetapi mas Rangsang selalu menerima dengan ikhlas dan selalu berbuat baik. Setelah itu mas Jolang meminta maaf. Mas Jolang tidak jadi memperistri kekasi hati mas Rangsang. Merekapun hidup rukun berdampingan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

mua komentar yuuuk