Kamis, 11 Juni 2009

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Mata pelajaran : Matematika dan IPA
Status pendidikan : SDLB
Kelas : 2 (dua)
Semester : I (ganjil)
Tahun pelajaran : 2008-2009
Alokasi waktu : 2 x 35 menit

A. Standar Kompetensi
Mahluk hidup, proses proses kehidupan dan pengukuran

Þ Mengenal bagian-bagian dan habitat hewan dan tumbuhan
Þ Menggunakan alat ukur untuk mengukur.
Þ Membaca dan menulis

B.Kompetensi dasar
1.mengenal bagian-bagian hewan dan tumbuhan di lingkungan rumah dan sekolah.
2.mengidentifikasi perubahan bentuk dan ukuran mahluk hidup.
3.menjelaskan habitat mahluk hidup
4.menggunakan alt ukur untuk mengukur
5.menulis dan membaca hasil pengamatan

C.indicator
1.anak mampu menunjukkan bagian-bagian tubuh hewan dan tumbuhan di lingkungan
2.anak mampu mengidentifikasi perubahan pada hewan dan tumbuhan
3.anak mampu menjelaskan habitat hewan dan tumbuhan
4.anak mampu menggunakan alat ukur untuk mengukur perubahan pada hewan dan tumbuhan
5. anak mampu menulis dan mempresentasikan hasil pengamatan dan pengukuran

D.Metode
1. observasi
2. praktik
3. presentasi

E.Media
1. Hewan-hewan dilingkungan rumah dan sekolah (cicak, belalang, capung, katak, bekicot, kucing dll)
2.Tumbuhan di sekitar rumah dan sekolah ( kecambah, tumbuhan padi, rumput dll)
3.alat ukur (penggaris, meteran dan timbangan)


F.Langkah-langkah

Kegiatan Awal
1.anak memperhatikan pemberian motivasi dari guru
2.anak membawa satu hewan dan tumbuhan yang telah diinstruksikan oleh guru
3.Tanya jawab anak dan guru tentang hewan dan tumbuhan yang dibawa

Kegiatan Inti
1. anak mengamati masing-masing hewan yang telah dibawa.
2. anak mengidentifikasi bagian-bagian hewan yang dibawa dengan petunjuk guru
3. anak melakukan pengukuran pada hewan
4.anak menulis hasil temuannya
5.anak mengamati masing masing-masing tumbuhan yang telah dibawa.
6.anak mengidentifikasi bagian-bagian tumbuhan yang dibawa dengan petunjuk guru
7.amak melakukan pemgukuran pada tumbuhan
8.anak menulis hasil temuannya

Kegiatan Akhir
1.anak mempresentasikan hasil pengamatan dan pengukurannya, guru melakukan penilaian
2.anak mengupulkan hasil tulisan masing-masing kepada guru. Guru membawa pulang untuk dikoreksi
3.anak menerima PR dari guru
4Anak dan guru melekukan rileksi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

mua komentar yuuuk